Thursday, November 27, 2008

Pandangan "Pemuda" Meulaboh soal "Damai"



Salah satu bagian dari Aceh Youth Radio Program (AYRP) adalah mengumpulkan pendapat pemuda didaerah-daerah yang menyiarkan program kami "Geundeurang Damee". Selain Dengan SMS yg pemuda kirimkan, kami juga langsung menjaring pendapat-pandapat itu dengan cara membuat seperti Small Group Discussion atau kami beri nama MJB [minum juice bareng]. Kali ini kami kembali mengunjungi kota Meulaboh, meskipun kita tau cuaca saat ini sangat buruk dan membuat perjalanan kami terhambat dengan lumpur, banjir, dan longsor, tapi akhirnya team kami tiba juga dikota meulaboh dengan total perjalanan sekitar 12 jam.

Memang perjalanan itu terasa sangat melalahkan, namun rasa lelah itu hilang ketika kami melihat semangat pemuda Meulaboh saat melontarkan pandangan mereka soal perdamaian di Aceh Barat. Bagi pemuda meulaboh damai bukan saja tidak ada lagi peperangan, tapi damai juga merupakan kesejahteraan dan damai juga bebebasnya mereka beraspirasi soal apapun. Dalam perbincangan kami, banyak dari mereka yg berkata "takut akan ancaman dan penculikan lagi". Ada juga yg belum tau apa itu Badan Reintegrasi Aceh (BRA), mereka menganggap kalau BRA adalah BRR. Bahkan ketika ditanyakan alamat kantor BRA di Meulaboh, dari 33 pemuda yg hadir ke MJB tidak ada yg bisa menjawab dengan pasti. Mereka menganggap pemerintah atau lembaga yg bergerak soal "Peace Building" lebih banyak fokus ke daerah-daerah seperti Aceh Utara, Sigli, dan bireun. Selain itu permasalahan yg mereka anggap bisa menjadi pemicu konflik adalah mengenai lahan pekerjaan yg selama ini masih sangat minim di Aceh barat.

Di MJB (minum juice bareng) kami menjaring banyak pandangan pemuda soal perdamaian, yg nantinya kami akan membawa berbagai pandangan pemuda itu kedalam Aceh Youth View Report (AYVR). Terimakasih untuk kawan-kawan yg sudah membantu proses MJB sehingga dapat berjalan dengan baik.
- Radio Dalka FM (bang Caca dan crew)
- Marda dan kawan-kawan STIMI
- Hendri dan kawan-kawan UTU
- K' Lola
- Cafe Pantai Barat
- Dan semua pihak

Untuk kawan-kawan pemuda yg ingin memberikan pendapat soal damai Aceh, bisa kirimkan sms ke 085277488789. "jaman udah damai, jangan diam aja".

[dre]

No comments: